Wednesday, 19 Dec 2018

Aplikasi Google Maps Khusus Motor

Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman terbaik dalam mengendarai motor di jalanan Indonesia, Google Indonesia merilis fitur baru berupa rute khusus motor di Google Maps.

Group Product Manager Google Maps Krish Vitaldevara mengatakan, fitur rute khusus motor ini hadir di seluruh Indonesia, terutama kota-kota besar yang padat. Misalnya Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Lantas, bagaimana cara pengendara sepeda motor menggunakan fitur rute khusus motor?

Pertama, pengguna sepeda motor harus memperbarui dulu aplikasi Google Maps-nya ke versi terbaru. Barulah di versi terbaru fitur rute khusus motor hadir.

Setelah memperbarui aplikasi, pengendara sepeda motor bisa memasukkan rute yang ingin mereka tuju. Misalnya, menuju Mal Grand Indonesia, kemudian memilih Direction atau mengarahkan dari lokasi saat ini ke lokasi yang dituju.

Pilih moda transportasi

Pengguna bisa melihat opsi moda yang digunakan untuk mencapai rute tersebut dalam hal ini mobil pribadi, transportasi publik (Transjakarta dan commuter line), jalan kaki, dan yang terbaru adalah sepeda motor.

Pengguna bisa memilih opsi sepeda motor dan rute yang disajikan pun bakal berbeda dengan opsi mobil pribadi.

Menariknya, dengan fitur rute khusus motor, jika ada tol terdekat yang menghubungkan lokasi dengan tempat tujuan, Google Maps tidak akan mengarahkan pengguna untuk memasuki tol.

Manfaat rute motor di Google Maps

Sebelumnya dalam peluncuran fitur rute khusus motor di Google Maps, Vitaldevara mengatakan, fitur rute khusus motor di Google Maps memiliki beberapa manfaat bagi pengguna sepeda motor.

Pertama, fitur ini memberikan waktu perjalanan yang lebih akurat, sebab Google menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor dalam menentukan waktu perjalanan.

Manfaat kedua, pengguna yang memakai fitur ini bisa mendapatkan rute khusus mencakup jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa lewat jalan tol. Dengan begitu, rute untuk motor relatif lebih akurat bagi pengendara motor.

Ketiga, Google juga berencana membuka dukungan API untuk siapa pun yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau layanan, misalnya perusahaan transportasi online dan ekspedisi untuk menggunakan rute khusus motor ini pada aplikasinya.

Hal ini tentu sangat membantu bagi kita yang dirundung kemacetan dan menginginkan rute terbaik untuk sampai ke tujuan dengan aman, selamat, dan terbebas dari padatnya volume kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.