Wednesday, 20 Jun 2018

Takaran Karbohidrat Jika Ingin Kurus

Jika sedang diet, karbohidrat adalah nutrisi yang perlu untuk diperhatikan jumlah dan jenisnya. Sebab karbohidrat tetap memegang peranan penting sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas. Namun masalahnya terkadang konsumsi karbohidrat tak seiring dengan aktivitas yang dilakukan sehingga akan terjadi penumpukan kalori yang membuat berat badan meningkat. Tak jarang pula, ada jenis karbohidrat yang sulit untuk dicerna sehingga bisa menimbulkan risiko pencernaan.

Nah, bagi kamu yang sedang berdiet, sebenarnya berapa sih jumlah karbohidrat yang disarankan jika kamu ingin menurunkan berat badan?

20-50 gram
Jumlah ini cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, apalagi jika kamu menderita obesitas atau diabetes. Jenis karbohidrat yang sebaiknya kamu konsumsi adalah sayur rendah karbo, buah beri-berian, avokad, yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian.

50-100 gram
Jika kamu ingin menurunkan berat badan secara efektif, maka jumlah ini sangatlah disarankan. Kemudian sertai dengan konsumsi banyak sayuran 2-3 buah per hari, serta minimalkan konsumsi makanan bertepung.

100-150 gram
Jumlah ini disarankan untuk dikonsumsi mereka yang bertubuh kurus, aktif, namun tetap ingin sehat. Jenis karbohidrat yang disarankan adalah kentang, ubi, nasi merah, atau gandum.

Konsumsi karbohidrat sebenarnya didasarkan pada usia, jenis kelamin, komposisi tubuh, dan tingkat aktivitas. Mereka yang aktif secara fisik dan memiliki massa otot lebih banyak tentu disarankan untuk banyak makan karbo. Sementara mereka yang menderita kegemukan disarankan untuk diet rendah karbohidrat sebab mengurangi konsumsi karbohidrat terbukti bisa mengurangi nafsu makan dan membuatmu makan lebih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.