Wednesday, 20 Jun 2018

Apa Itu ALS, Penyakit yang diderita Oleh Stephen Hawking

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Stephen Hawking menderita ALS atau amyotrophic lateral sclerosis sejak dia berusia 21 tahun.

Banyak orang yang awam dengan penyakit ini, begitu pula dengan kamu. Oleh karena itu berikut adalah penjelasannya seperti yang dilansir dari boldsky.com.

1. Bagian dari penyakit neuron motorik

ALS sebenarnya merupakan jenis dari penyakit neuron motorik yang paling umum. Kondisi ini menyebabkan otak dan saraf di tulang belakang berhenti berfungsi.

Penyakit ALS bisa muncul pada usia berapapun, namun kebanyakan menyerang mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Faktor genetik, lingkungan, dan virus bisa berperan dalam menyebabkan penyakit ALS. Setelah didiagnosis, harapan hidup dari penderita ALS berkisar 3 sampai 10 tahun sesudahnya. Dan penyakit ini tidak dapat disembuhkan.

ALS akan membuat penderitanya mengalami pelemahan otot secara progresif dalam tubuh yang pada akhirnya bisa melemahkan kemampuanmu untuk bernafas.

2. Gejala dari ALS

Gejala awal dari penyakit ALS bergantung pada bagian sistem tubuh mana yang terserang. Gejalanya meliputi:

  1. Otot lemah
  2. Kesulitan untuk mengangkat benda
  3. Kram dan nyeri otot
  4. Mudah lelah
  5. Kelemahan di lengan dan kaki
  6. Sulit untuk menelan
  7. sulit bernapas dengan baik
  8. Berbicara dengan suara yang tidak jelas.

3. Diagnosa ALS

 Setelah mengalami beberapa gejala di atas, pasien biasanya akan mendapatkan serangkaian tes seperti tes darah, biopsi otot, hingga tes elektro fisiologis.

Ketika pasien benar-benar terdeteksi penyakit ALS, biasanya dokter spesialis saraf akan melakukan sejumlah perawatan yang disertai dengan pemberian obat seperti Rilutek yang bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup penderita, obat seperti tinzanadine untuk mengurangi kekakuan otot, dan gabapentin untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.